0411-587218 feb@unhas.ac.id
Select Page

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas mendirikan Free Trade Agreement Center Makassar. Free Trade Agreement Center atau yang biasa disebut FTA Center merupakan pusat advokasi, konsultasi, dan edukasi Free Trade Agreement atau Perjanjian Pergadangan Bebas yang dijalankan oleh Pemerintah Indonesia dengan beberapa negara terkait. FTA Center sendiri didirikan pada 5 (lima) kota di Indonesia yakni, Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Makassar. FTA Center Makassar berlokasi di lantai 1 Gedung Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sulawesi Selatan, Jl. Manunggal 22 No. 40 Makassar. FTA Center Makassar didirikan dan aktif beroperasi sejak bulan Juni 2018.

FTA Center Makassar diharapkan dapat menjadi pusat penyebaran informasi dan edukasi ekspor dan impor khususnya pada perjanjian perdagangan bebas bagi exportir dan calon eksportir. Dalam menunjang pelayanan, FTA Center Makassar menyiapkan tiga (3) tenaga Tim Ahli pada tiga bidang seperti: strategi promosi dan akses pasar, prosedur dan pembiayaan ekspor, dan implementasi perjanjian perdagangan. Bagi eksportir berpengalaman, FTA Center diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekspor dan juga mendorong exportir untuk memanfaatkan perjanjian perdagangan seperti utilisasi/penggunaan Surat Keterangan Asal (SKA). Calon eksportir juga dapat memanfaatkan layanan FTA Center Makassar untuk berkonsultasi mengenai tata cara prosedur ekspor, akses pasar, promosi dan lainnya.

FTA Center Makassar sendiri telah melaksanakan berbagai macam kegiatan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak baik dari Pengusaha, Akademisi, dan berbagai Institusi lainnya dalam mendukung promosi dan peningkatan pemahaman perjanjian perdagangan bebas seperti edukasi publik, seminar, dan business consultation. Kedepannya FTA Center Makassar akan mengagendakan coaching clinic dan training prosedur expor bagi para exportir berpengalaman dan calon-calon exportir.

Bagi para calon pengunjung FTA Center Makassar yang ingin memanfaatkan layanan FTA Center ataupun bekerjasama dengan FTA Center Makassar, dapat mengunjungi kantor FTA Center Makassar setiap hari kerja dari pukul 09.00-17.00 WITA. Selain berkunjung ke kantor FTA Center Makassar pada hari kerja, para pengunjung juga dapat menghubungi FTA Center Makassar melalui email ftacenter.mks@kemendag.go.id. Untuk mengikuti perkembangan informasi terbaru mengenai Free Trade Agreement, para calon eksportir dan exportir dapat juga mengunjungi dan mengikuti akun social media FTA Center Makassar pada Instagram @ftacenter_mks.