0411-587218 feb@unhas.ac.id
Select Page

Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) bekerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (FEB Unhas) menggelar Seminar Nasional bertema “Peran dan Tata Kelola Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Pengembangan Ekonomi Daerah”, Jumat (31/8/2018) di Aula FEB Unhas.

Ketua BSBI, Mohamad Fadhil Hasan, Ph.D dalam sambutannya mengatakan, pembentukan BSBI didasarkan kepada gagasan Bank Indonesia sebagai bank sentral yang independen harus diawasi dengan benar untuk memeriksa kredibilitasnya sesuai prinsip-prinsip Good Governance.

Sementara Dekan FEB Unhas, Prof. Dr. Abd. Rahman Kadir pada kesempatan tersebut mengharapkan seminar ini dapat memberikan ide dan gagasan strategis tentang peran keberadaan BI di daerah dalam perekonomian daerah khususnya untuk mendukung pengendalian kestabilan harga di tingkat wilayah.

Menurutnya lagi, penyelenggaraan seminar ini juga bertujuan sebagai upaya sosialisasi keberadaan BSBI dan peranannya dalam membantu fungsi pengawasan tertentu DPR.

Nara sumber pada seminar ini masing-masing Amir Uskara, M.Kes (Anggota DPR-RI Komisi XI), Muhammad Edhie Purnama, Ph.D (Badan Supervisi Bank Indonesia); Umar Juoro, MA, M.A.P.E (Senior Fellow The Habibie Centre), Bambang Kusmiarso (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan), dan Prof. Marsuki, DEA, PhD (Akademisi).

Seminar yang dimoderatori Dosen FEB-Unhas, Dr. Anas Iswanto Anwar, MA dihadiri sekitar 300 orang peserta yang terdiri dari dosen, perbankan, dan mahasiswa. Acara seminar ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada para nara sumber dan moderator.(*)