Competitive Advantage Strategy of PT. Semen Tonasa Using SWOT and QSPM

  • P. Sitorus Benget Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin
  • Nursyamsi Idayanti Dosen Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin
  • Sumardi Sumardi Dosen Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin
Keywords: Strategy, competitive advantage, IFE, EFE, SWOT, QSPM

Abstract

Pada kondisi pasar yang sangat kompetitif perusahaan harus memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai kondisi internal dan eksternal perusahaanya untuk menentukan suatu strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi keunggulan bersaing yang tepat untuk dilakukan oleh PT Semen Tonasa. Penelitian deskriptif dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, FGD dan wawancara. Setelah dilakukan IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) dan analisis SWOT, PT Semen Tonasa harus fokus pada upaya mengejar pertumbuhan. Berdasarkan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) diperoleh strategi yang tepat untuk dilakukan adalah market penetration. PT Semen Tonasa harus meningkatkan market share di daerah pasar dengan profit margin yang besar dan melakukan cost efficiency dalam setiap tahapan proses produksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-08