Program Studi Akuntansi fokus pada penguasaan konsep dan praktik akuntansi keuangan, audit, perpajakan, sistem informasi akuntansi, serta akuntansi manajemen. Mahasiswa dibekali dengan keterampilan analisis laporan keuangan dan pemahaman terhadap regulasi dan etika profesi. Lulusan Prodi Akuntansi memiliki peluang karier sebagai akuntan publik, auditor, konsultan pajak, analis keuangan, atau staf keuangan di sektor publik dan swasta.
Latar Belakang
Dalam merumuskan visi dan misi Program Studi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Hasanuddin (PSSA FEB UNHAS) mengacu dan menyelaraskan dengan visi dan misi FEB UNHAS. Selain itu dalam merumuskan tujuan, sasaran, dan strategi, PSSA FEB UNHAS juga mengacu pada dan menyelaraskan dengan visi dan misi PSSA FEB UNHAS.
Penyusunan visi dan misi PSSA FEB UNHAS melibatkan beberapa pihak yang memiliki keterkaitan dengan PSSA FEB UNHAS yaitu pengelola program studi, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan, profesi serta masyarakat, hal ini dilakukan untuk mengakomodir kepentingan stakeholders.
Visi
Menjadi Program Studi Sarjana Akuntansi Unggulan yang Bereputasi Internasional
Misi
- Menghasilkan lulusan bidang akuntansi yang kompeten sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
- Menghasilkan penelitian bidang akuntansi yang terpublikasi secara Nasional dan atau Internasional.
- Melaksanakan pengabdian bidang akuntansi.
Tujuan
- Meningkatnya produktifitas dan kualitas lulusan, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan tenaga akuntansi pada sektor pemerintah dan dunia usaha baik pada tingkat lokal, regional, nasional maupun tingkat internasional melalui system pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL).
- Meningkatnya kemampuan riset dan jumlah publikasi ilmiah dalam bidang akuntansi pada level nasional dan internasional.
- Meningkatnya pelayanan jasa konsultasi di bidang akuntansi sebagai wujud tanggungjawab PSSA kepada masyarakat.
- Terlaksananya oganisasi dan manajemen yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tridharma ditingkat PSSA.
Profil Lulusan
No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
---|---|---|
1 | Akuntan Junior (Junior Accountant) | Lulusan yang mampu menyusun dan menganalisis laporan keuangan |
2 | Budget officer | Lulusan yang mampu menghitung biaya produksi, melakukan efisiensi biaya, menyusun anggaran, dan menyiapkan informasi untuk pengambilan keputusan dan pengendalian |
3 | Tax officer | Lulusan yang mampu menghitung dan melaporkan keuangan fiskal, serta memberikan pertimbangan perpajakan |
4 | Auditor Junior (Junior Auditor) | Lulusan yang mampu melakukan pemeriksaan laporan keuangan dan membuat draft laporan hasil pemeriksaan |
5 | Asisten Sistem Akuntansi (Accountng System Assistant) | Lulusan yang mampu menganalisis dan mengevaluasi sistem |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
CPL | Deskripsi Singkat | |
Ranah | Kode | |
Sikap | S1 | Berjiwa Pancasila dan maritim yang terefleksi dalam sikap profesional dalam kerangka hukum dan budaya di bidang akuntansi. |
Pengetahuan | P1 | Menguasai konsep keilmuan di bidang ekonomi, bisnis dan keuangan yang relevan dengan akuntansi. |
Keterampilan Umum | KU1 | Mampu mengaplikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam perencanaan, pengelolaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian entitas bisnis dan entitas publik . |
KU2 | Mampu berkomunikasi secara lisan maupun tulisan di bidang keahlian akuntansi berwawasan keberlanjutan dengan memanfaatkan teknologi. | |
Keterampilan Khusus | KK1 | Mampu menyusun dan menganalisis laporan keuangan entitas bisnis dan entitas publik. |
KK2 | Mampu mendemonstrasikan proses yang mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian entitas bisnis dan publik berdasarkan informasi akuntansi dan keuangan. | |
KK3 | Mampu membuat laporan pajak orang pribadi dan badan sesuai dengan hukum perpajakan Indonesia. | |
KK4 | Mampu menyiapkan draft laporan audit entitas bisnis dan entitas publik. | |
KK5 | Mampu menganalisis dan merancang sistem informasi akuntansi berdasarkan teknologi informasi dalam proses bisnis. |
Peta Kurikulum

Bentuk Pembelajaran
No. | Bentuk dan Kegiatan Proses Pembelajaran | Estimasi Waktu (menit/mg/smt) | ||
1 | Kuliah, response atau tutorial | Kegiatan proses belajar (tatap muka) | 50 | 170 |
Kegiatan penugasan terstruktur | 60 | |||
Kegiatan Mandiri | 60 | |||
2 | Presentasi dan Diskusi | Kegiatan proses belajar | 100 | 170 |
Kegiatan Mandiri | 70 | |||
3 | Praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, praktik kerja, penelitian, perancangan, atau pengembangan, pelatihan militer. | 170 | ||
4 | Di luar program studi-merdeka belajar: pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, kegiatan wirausaha, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset di lembaga penelitian, studi/proyek independen, membangun desa/KKN tematik atau proyek kemanusiaan. |